Profil Kim Jong Nam dan Biodata: Kakak dari Kim Jong Un (Korea Utara)

Kim Jong Nam merupakan kakak tiri dari pemimpin Korea Utara, yaitu Kim Jong Un. Nama Jong Nam mencuat ke media karena dia meninggal pada 13 Februari 2017 lalu yang diduga dilakukan oleh adik tirinya sendiri, Kim Jong  Un. Lantas apakah hal tersebut benar adanya? Mari kita bahas fakta, biografi, biodata dan Profil Kim Jong Nam

Kim Jong Nam dinyatakan meninggal di Bandara Internasional Kuala Lumpur 2. Dilansir dari Associated Press, Jong Nam meninggal ketika hendak dibawa ke rumah sakit Putra Jaya oleh petugas Bandara.

Ketika meninggal, Jong Nam memegang passport beratasnamakan Kim Chol. Passport tersebut menampilkan pria kelahiran Pyongyang, Korea Utara, 10 Juni 1970. Ken Gause, selaku Pakar Politik Korea Utara di Washington, mengemukakan bahwasannnya Kim Chol adalah nama lain dari Kim Jong Nam.

Jong Nam berada di bandara untuk terbang ke Macau, China. Dugaan sementara, Jong Nam di serang ketika sedang berbelanja di kedai dalam Bandara. Sebelum memasuki bagian Imigrasi, Jong Nam mengeluh pusing dan sakit kepala pada petugas Bandara.

Masih belum dapat dipastikan tentang bagaimana pelaku melakukan penyerangan. Ada yang mengatakan bahwa Jong Nam di pegang, lalu menyuntikkan racun ketangan Jong Nam. Ada juga yang mengemukakakn Jong Nam disekap menggunakan kain yang berisi racun.

Sampai saat ini, pihak otoritas Malaysia menangkap 4 orang yang diduga terlibat dalam kasus pembunuhan ini. Dua diantaranya adalah perempuan berkebangsaan Vietnam dan Indonesia. Dan dua diantaranya adalah Pria yang berasal dari Malaysia dan Korea Utara.

Keterlibatan WNI pada kasus pembunuhan ini tentu membuat tanah air gempar. Pihak Kepolisian Malaysia menangkap perempuan bernama Siti Aisyah, di sebuah hotel area Ampang pada Kamis, 16 Februari dini hari.

Aisyah ditangkap karena wajahnya terekam di CCTV Bandara. Pemerintah Indonesia menduga bahwa perempuan asal Serang ini hanya diperalat untuk membunuh Kim Jong Nam. Kapolri Jendral Tito Karnavian mengungkapkan bahwa Aisyah ditipu seolah sedang mengikuti reality show seperti ‘Just For Laugh’.

Sementara itu, Pihak Amerika Serikat dan Korea Selatan memiliki dugaan kuat bahwa pelakunya adalah pemerintah Korea Utara sendiri. Peneliti Universitas Leeds Inggris, Aidan Forster Carter mengungkapkan bahwa pembunuhan model seperti ini sudah wajar dilakukan Korea Utara.

Dugaan tersebut diperkuat dengan adanya percobaan pembunuhan Jong Nam pada tahun 2012 yang dilakukan oleh adik tirinya sendiri, yakni Kim Jong Un selaku pemimpin Korea Utara. Namun perintah pembunuhan yang dilakukan oleh Jong Un dengan menabrak mobil Jong Nam gagal karena Jong Nam masih bisa bertahan hidup.

Seorang pengacara bernama Kim Byung Kee mengatakan bahwa perintah pembunuhan tersebut dikeluarkan karena Jong Un tidak menyukai sosok Kim Jong Nam. Pasalnya Jong Nam merupakan sosok yang terbuka dengan media dan juga sering mengkritik negaranya sendiri.

Sejumlah pengamat politik mengungkapkan pendapat mengenai perintah pembunuhan tersebut. Mereka meyakini bahwa Kim Jong Nam dapat menggulingkan rezim pemerintahan Kim Jong Un. Karena dulu Jong Nam sudah dipersiapkan oleh Kim Jong Il, Pemimpin Kedua Korea Utara, sebagai penerus selanjutnya. Sampai terjadinya kasus Disneyland.

Seperti apakah kasus Disneyland tersebut sampai membuat Jong Nam tidak jadi memimpin pemerintahan? Sebelum itu mari kita membahas Profil Kim Jong Nam.

Biodata dan Profil Kim Jong Nam Terlengkap

Nama Kim Jong Nam / 김정남
Jenis Kelamin Pria
Tanggal Lahir 10 Juni 1970
Tempat Lahir Pyongyang, Korea Utara
Tanggal Meninggal 13 Februari 2017
Tempat Meninggal Sepang, Selangor, Malaysia
Partai Politik Partai Buruh Korea
Kebangsaan Korea Utara
Istri
  • Shin Jong Hui
  • Lee Hye Kyong
Keluarga
  • Kim Jong Il (Ayah)
  • Song Hye Rim (Ibu)
  • Kim Il Sung (Kakek)
  • Kim Sul Song (Saudara Perempuan)
  • Kim Jong Un (Saudara Laki-Laki)
  • Kim Jong Chul (Saudara Laki-Laki)
Anak 6, termasuk Kim Han Sol
Domisili
  • Macau
  • Singapura
  • Malaysia

Ketika kecil, Jong Nam dikenal sebagai ‘Jenderal Kecil’. Hal itu disebabkan karena memang sejak kecil ia sudah dipersiapkan untuk menjadi penerus ayahnya yang juga pemimpin kedua Korea Utara, Kim Jong Il.

Namun hal tersebut tidak terlaksana karena pada Mei 2001, Jong Nam harus tertangkap di Bandara Internasional Narita, Jepang. Penangkapan tersebut dilakukan karena Jong Nam menggunakan passport palsu dengan kebangsaan Republik Dominika.

Waktu itu Jong Nam ingin mengunjungi Disneyland bersama keluarganya. Alhasil Jong Nam harus dideportasi ke Korea Utara melalu Beijing. Karena Kim Jong Il merasa malu, maka Kim Jong Nam pun di usir dan harus menjalani masa pengasingannya, sampai sekarang akhirnya ia terbunuh di Malaysia.

Demikianlah informasi mengenai fakta, biografi, biodata dan Profil Kim Jong Nam. Sungguh berat kehidupan Jong Nam. Ia diusir oleh ayahnya sendiri, harus mengalami masa pengasingan, harus berpindah pindah tempat karena adik tirinya pernah mencoba membunuhnya.

Kata Kunci Terkait:

Tulis Komentarmu Disini