Profil Halimah Yacob, Presiden Muslim Singapura Beserta Fakta Menarik Lainnya!

Halimah Yacob akhir akhir ini mulai banyak dibicarakan baik di media lokal maupun media internasional berkat terpilihnya ia menjadi seorang presiden wanita pertama di Repubik Singapura. Halimah Yacob memenangi pemilihan sebagai Presiden Singapura berkat tersingkirnya 2 calon lain akibat tidak sesuai dengan kriteria. Berikut ini kami rangkumkan biodata, biografi dan profil Halimah Yacob selengkapnya.

Dua calon lain yang gagal ditetapkan menjadi calon resmi Presiden Singapura tersebut adalah Farid Khan dan Salleh Marican sehingga satu satunya calon yang lolos adalah Halimah Yacob. Hal ini membuat Halimah Yacob berhak menyandang sebagai Presiden wanita Singapura pertama dalam sejarah.

Halimah Yacob dikenal sebagai seorang yang sederhana hal ini dapat dilihat dari kehidupannya walaupun ia sedang menjabat sebagai DPR ia tetap memilih tinggal di rumah susun padahal tentunya sudah ada fasilitas mewah yang dapat ia gunakan.

Selain itu Presiden Wanita pertama Singapura ini juga seorang yang berjiwa sosial tinggi, hal ini terbukti karena ia sangat memperjuangkan hak pekerja bahkan Halimah Yacob berjuang selama 30 tahun NTUC hanya untuk memperjuangkan hak hak yang harus didapatkan oleh para pekerja di Singapura.

Biografi dan Profil Halimah Yacob (Presiden Singapura yang Baru)

Profil Halimah Yacob Terlengkap, Presiden Singapura yang Baru

Nama Lengkap: Halimah Yacob
Tempat Lahir: Singapura
Tanggal Lahir: 25 Agustus 1954
Umur Sekarang: 63 Tahun
Kebangsaan: Singapura
Agama: Islam
Nama Suami: Mohammed Abdullah Alhabshee
Jumlah Anak: 5
Jabatan: Presiden Singapura
Masa Jabatan: 2017 – Selesai
Jabatan Sebelumnya: Ketua Parlemen Singapura
Riwayat Pendidikan, Jabatan & Penghargaan: WikiPedia

Halimah Yacob merupakan seorang wanita dengan 1 orang suami bernama Mohammed Abdullah Alhabshee dan memiliki 5 orang anak yang lahir pada 25 Agustus 1954. Halimah Yacob merupakan presiden terpilih terbaru yang dilantik pada tanggal 14 September 2017. Halimah Yacob merupakan wanita pertama yang menduduki posisi ini dalam sejarah Republik Singapura, selain itu ia merupakan seorang wanita dari ayah keturunan India dan Ibu keturunan Melayu.

Sebelum menjabat sebagai presiden Singapura Halimah Yacob merupakan anggota Ketua Parlemen Singapura pada masa bakti 2013 hingga 2017. Halimah Yacob juga pernah menjadi  Menteri Pemuda dan Olahraga pada tahun 2011 hingga 2013. Sementara itu sebelum terjun di dunia politik Halimah Yacob merupakan seorang pejuang berkat bergabung di serikat buruh yakni di NTUC selama kurang lebih 30 tahun ia mengabdi.

Riwayat pendidikan Halimah Yacob diawali dengan S1 di perguruan tinggi bergengsi di Singapura yakni Universitas Singapura di mana Halimah Yacob mendapatkan gelar LLB pada tahun 1978. Selanjutnya Halimah Yacob menyelesaikan studinya pada 2001 di Universistas Nasiona Singapura dan bergelar LLM serta dianugrahkan gelar Doktor Kehormatan dari UNS pada tahun 2016.

Demikian ulasan kami mengenai biodata, biografi serta profil Halimah Yacob yang merupakan presiden wanita pertama yang dilantik beberapa waktu lalu. Semoga informasi tersebut bisa menjadi tulisan yang bermanfaat bagi anda.

Kata Kunci Terkait:

Tulis Komentarmu Disini