Profil Hadi Tjahjanto, Marsekal TNI yang Dipilih Sebagai Calon Panglima TNI

Belakangan ini nama dari Marsekal TNI Hadi Tjahjanto banyak diperbincangkan baik di televisi hingga media berita online. Hal ini terkait bahwa sang Kepala Staf TNI Angkatan Udara ini akan menggantikan Gatot Nurmantyo untuk menjadi sebagai Panglima TNI. Berikut informasi lengkap biodata dan profil Hadi Tjahjanto 

Beberapa waktu lalu Presiden RI ke-7 yakni Joko Widodo sudah menyerahkan nama Marsekal Hadi Tjahjanto,S.Ip ke DPR untuk dilakukan uji kepatutan dan kelayakan sang Kepala Staf TNI Angkatan Udara untuk menjadi Panglima TNI menggantikan Gatot Nurmantyo dimana ia akan pensiun pada Maret 2018 yang akan datang.

Menariknya lagi, jika nantinya Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dilantik menjadi Panglima TNI, maka Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bakal menjadi Panglima TNI Ke 2 dari TNI Angkatan Udara. Dimana yang sebelumnya dari TNI AU yang menjabat sebagai Panglima TNI adalah Marsekal Djoko Suyanto.

Marsekal Hadi Tjahjanto lahir di Malang, Jawa Timur pada tanggal 8 November 1963 yang sekarang berusia 54 tahun. Marsekal Hadi Tjahjanto memiliki istri yang bernama Ny Nanik Istumawati dan dari pernikahannya tersebut dikarunia oleh 2 orang anak yakni Hanica Relingga Dara Ayu serta Handika Relangga Bima Yogatama. Salah satu anaknya yakni Handika juga mengikuti jejak sang ayah menjadi abdi negara di TNI Angkatan Udara.

Biodata dan Profil Hadi Tjahjanto (Calon Panglima TNI) Terlengkap

Biodata dan Profil Hadi Tjahjanto Calon Panglima TNI

Nama Lengkap:

Hadi Tjahjanto, S.Ip.

Tempat Lahir:

Malang, Jawa Timur, Indonesia

Tanggal Lahir:

8 November 1963

Umur Sekarang:

54 Tahun

Kebangsaan:

Indonesia

Istri:

Ny Nanik Istumawati

Anak Kandung:

  • Hanica Relingga Dara Ayu
  • Handika Relangga Bima Yogatama

Agama:

Islam

Profesi:

TNI-AU

Pangkat:

Marsekal TNI

Jabatan:

Kepala Staf TNI Angkatan Udara

Almamater:

Akademi Angkata Udara (AAU)

Marsekal Hadi Tjahjanto lulus dari AAU pada tahun 1986 kemudian mengawali karier di Skuadron Udara 4 Saleh, Malang. Singkat cerita pada tahun 2017 Marsekal Hadi Tjahjanto dilantik menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Udara menggantikan Marsekal Agus Suprianta.

Sebelum menjadai KASAU beliau juga pernah menjabat sebagai Irjen Kementerian Pertahanan pada tahun 2016-2017 serta pernah menjabat pula sebagai Sektretariat Militer periode 2015 hingga 2016. Hingga pada tahun 2017 ini Marsekal Hadi Tjahjanto diajukan oleh presiden Joko Widodo untuk menjabat sebagai Panglima TNI.

Jika dilantik menjadi Panglima TNI tentunya tugas berat akan dipikul oleh Marsekal Hadi Tjahjanto. Betapa tidak, saat ini kekuatan tempur terutama pesawat militer Indonesia yang belum memadai menjadi salah satu PR bagi Marsekal Hadi Tjahjanto. Setidaknya ada sedikit harapan bagi warga Indonesia agar Marsekal Hadi Tjahjanto jika nantinya dilantik dapat berupaya untuk segera memikirkan dengan matang mendatangkan pesawat militer yang canggih untuk menjaga kedaulatan udara NKRI.

Sementara itu sebagai informasi tambahan kekayaan dari Marsekal Hadi Tjahjanto mencapai Rp 5 Milliar rupiah. Hal ini didapatkan dari situs KPK (acch.kpk.go.id) dimana Marsekal Hadi Tjahjanto melaporkannya ke LHKPN KPK pada tangga 24 Juni 2016.

Demikianlah informasi terkait dengan biodata dan profil Hadi Tjahjanto yang merupakan Marsekal yang saat ini diajukan oleh presiden kita sebagai calong Panglima TNI. Semoga dengan biografi tersebut bisa menambah wawasan Anda dari seorang tokoh penting di nusantara ini. Terima kasih.

Kata Kunci Terkait:

Tulis Komentarmu Disini