Profil Azwar Anas, Bupati Banyuwangi yang Mundur dari Pilgub Jatim

Azwar Anas akhir-akhir ini sedang menjadi buah bibir bagi warga Jawa Timur serta netizen. Hal ini terkait dirinya yang sudah di percaya oleh PDIP untuk menjadi calon wakil gubernur Jatim, ia malah mengundurkan diri karena ada isu-isu yang mendesaknya. Berikut kami paparkan mengenai penjelasan kasus berserta profil Azwar Anas selengkapnya.

Kasus ini langsung diungkapkan oleh Azwar Anas melalui surat yang menyatakan bahwa ia mengundurkan diri dari pencalonannya menjadi Cawagub Jawa Timur dari pasangan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. Pengunduran diri Azawar Anas akibat adanya suatu pihak yang menggunakan segala cara untuk mengorbankan kehormatan dari keluarga Azwar Anas sehingga ia memilih mundur dari posisi wakil gubernur Jatim.

Selain isu kampanye hitam yang melibatkan keluarga Azwar Anas, netizen juga digegerkan dengan adanya kabar foto anas dengan wanita yang membuat geger pencalonannya. Menurut yang disampaikannya, foto yang tersebar di media saat ini merupakan tindakan untuk pembunuhan karakter. Namun atas kejadian tersebut Anas memilih untuk meneruskan jabatannya sebagai bupati Banyuwangi hingga masa jabatannya berakhir dan mengundurkan diri dari pemilihan gubernur Jawa Timur.

Biodata dan Profil Azwar Anas (Bupati Banyuwangi) Terlengkap

Biodata dan Profil Azwar Anas, Bupati Banyuwangi beserta Foto Terbarunya

Nama Lengkap: Abdullah Azwar Anas
Tempat Lahir: Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia
Tanggal Lahir: 6 Agustus 1973
Umur Sekarang: 44 Tahun
Kebangsaan: Indonesia
Agama: Islam
Profesi: Bupati Banyuwangi
Daftar Jabatan:
  • MPR RI 1997 – 1999
  • DPR RI 2004 – 20009
  • Bupati Banyuwangi 2010 – 2015
  • Bupati Banyuwangi 2015 – Sekarang
Partai: PDI Perjuangan

Abdullah Azwar Anas merupakan sosok kharismatik kelahiran Banyuwangi pada tanggal 6 Agustus 1973 yang lalu. Azwar Anas saat ini sedang menjabat sebagai bupati Banyuwangi yang memulai jabatannya sejak 17 Februari 2016 lalu setelah terpilih kembali dan dilantik oleh presiden RI ke-7 yakni Joko Widodo. Sebelum kembali terpilih menjadi Bupati Banyuwangi, Anas juga pernah menjadi bupati Banyuwangi pada masa periode 2010 hingga 2015, pada saat itu dilantik oleh Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.

Azwar Anas muda telah mengenyam pendidikan di 2 perguruan tinggi Yakni IKIP Jakarta serta Universitas Indonesia. Setelah itu tokoh NU ini melanjutkan pendidikannya dengan masuk di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di Universitas Indonesia dan lulus pada tahun 2005.

Setelah lulus dari Univestitas Indonesia Azwar Anas pernah menjabat sebagai MPR RI bahkan menjadi anggota MPR RI termuda. Usianya kala itu baru menginjak 24 tahun. Setelah itu Anas menitih karir menjadi anggota DPR RI periode 2004 hingga 2009 sebelum akhirnya menjabat bupati Banyuwangi hingga saat ini.

Program unggulan selama Azwar Anas menjabat sebagai bupati Banyuwangi adalah:

  1. Diresmikannya Bandar Udara Blimbingsari.
  2. Pengadaan event untuk menarik wisatawan diantaranya: Banyuwangi Jazz Festival, Tour de Ijen, Banyuwangi Ethno Carnival serta event lainnya.
  3. Adanya bantuan pendidikan gratis serta program pendukungannya seperti Siswa Asuh Sebaya.
  4. Adanya perencanaan wisata Banyuwangi yang memiliki konsep Eco Tuorism.

Sekian ulasan kami mengenai biodata dan profil Azwar Anas beserta perjalanan karirnya selama menjabat sebagai bupati Banyuwangi. Semoga informasi ini bisa mengurangi rasa penasaran anda terhadap tokoh yang sedang hangat diperbincangkan oleh media ini.

Tulis Komentarmu Disini