Profil Andi Narogong (Pengusaha) yang Terlibat Kasus Korupsi E-KTP

Mungkin bagi anda yang tidak terlalu melihat berita akan bertanya-tanya “Siapa Andi Narogong?” Kenapa namanya mencuat keluar publik dan menjadi perbincangan masyarakat? Berikut ini adalah berita, informasi, dan juga Profil Andi Narogong terlengkap.

Andi Narogong menjadi terkenal setelah kasus korupsi e-KTP di ungkap oleh Komisi pemberantas Korupsi (KPK). Dimana status dari Andi Narogong masih sebagai saksi atas Sugiharto, tersangka yang sudah ditetapkan oleh KPK.

Bukan hanya mantan Direktur Pengelolan Informasi, Sugiharto saja, namun Irman yang pernah menjabat sebagai Dirjen Dukcapil Kemendagri juga ditetapkan tersangka dalam kasus pengadaan e-KTP oleh KPK.

Diperkirakan, Irman dan juga Sugiharto telah membuat negara mengalami kerugian sebesar 2,3 triliun rupiah karena kasus korupsi e-KTP dengan memanangkan perusahaan tertentu untuk menggarapnya.

Atas perbuatannya tersebut, Irman dan juga Sugiharto pun didakwa melanggar Pasal 3 Undang – Undang No. 31 Tahun 1999 dimana sudah dirubah menjadi Undang – Undang No. 20 Tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Selain Andi Narogong, Sekretaris Jendral Kemendagri yakni Diah Anggraini juga diminta untuk menjadi saksi. Alhasil mereka yang menjadi saksi tidak diizinkan untuk bepergian keluar negeri, karena KPK telah mengajukan pelarangan ke luar negeri para saksi ke pihak imigrasi.

Sudah sejak enam bulan yang lalu dari September 2016 pelarangan ke luar negeri ini berlaku pada para saksi. Dan kemungkinan besar akan diperpanjang ke tahap kedua. Hal tersebut diungkapkan oleh Febri Diansyah selaku Juru Bicara KPK.

“Para saksi saat ini masih pada tahap pelarangan ke luar negeri. Kami mungkin akan mempertimbangkan untuk memperpanjang pelarangan tersebut,” ujar Febri pada hari Rabu, 15 Maret kemarin.

Hal tersebut dalam rangka mewujudkan didapatkannya informasi dari para saksi. Pasalnya nama-nama tersebut memiliki peran penting dalam kasus ini. Meskipun status Andi sekarang adalah saksi, bukan tidak mungkin akan berubah menjadi tersangka.

Profil Andi Narogong Terlengkap Beserta Foto Aslinya

Profil Andi Narogong (Pengusaha) yang Terlibat Kasus Korupsi E-KTP
Profil Andi Narogong (Pengusaha) yang Terlibat Kasus Korupsi E-KTP
Nama Asli Andi Agustinus
Nama Lain Andi Narogong
Pekerjaan Pengusaha

Penyedia Barang dan Jasa pada Kemendagri

Alamat Blok C/10, Perumahan Central Park Beverly Hills, Kota Wisata Cibubur, Jakarta
Alamat Ruko Graha Mas Fatmawati Blok A No. 33-35 (Terjual)

Andi Narogon atau yang memiliki nama asli Andi Agustinus, pernah disebut sebut oleh mantan Bendahara Umum dari Partai Demokrat yakni Muhammad Nazaruddin dan juga pengacaranya yakni Elza Syarief.

Elza mengungkapkan bahwa Panitia Tender dari proyek e-KTP ini beberapa kali menerima uang dari Andi Narogong dan juga konsorsium pada bulan Februari 2011 lalu.

Andi digadang-gadang sebagai pengatur suap e-KTP, dimana dialah yang menjadi pembagi dan pengatur jumlah uang yang akan digunakan untuk suap demi melancarkan proyeknya. Bukan tidak mungkin Andi Narogon akan menyusul Irman dan Sugiharto dan meningkat statusnya dari saksi menjadi tersangka.

Demikianlah informasi mengenai berita, informasi, biodata, dan juga Profil Andi Narogong yang anda cari. Kita sebagai rakyat biasa hanya bisa berdoa agar para koruptor-koruptor tersebut bisa dihukum seberat-beratnya agar tidak ada lagi yang memakan uang rakyat.

Kata Kunci Terkait:

Tulis Komentarmu Disini