Profil AKBP Brotoseno Lengkap! Biografi, Riwayat dan Istrinya Sekarang

AKBP Brotoseno atau yang lebih lengkapnya adalah AKBP Raden Brotoseno kini tercemar karena adanya kasus yang menjegal dirinya. Dia diduga menerima suap sebesar Rp 3 M. Benarkah hal tersebut? Mari kita bahas fakta, biografi dan juga profil AKBP Brotoseno.

Nama Raden Brotoseno mulai terkenal sejak dia menjalin kasih dengan Angelina Sondakh, Miss Indonesia pada tahun 2001. AKBP Brotoseno menjalin kasih dengan Angie, sapaan akrab Angelina, sejak Kasus Suap Wisma Atlet Palembang.

Kala itu, Angelina Sondakh menjadi saksi, dan Brotoseno menjadi penyidik KPK atas Kasus Suap Wisma Atlet. Angie yang saat itu menjabat sebagai anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat sudah tidak malu menunjukkan kemesraannnya dengan Brotoseno.

Namun kisah cinta tersebut harus mengalami gangguan. Pasalnya KPK menetapkan Angie sebagai tersangka Kasus Dugaan Suap Wisma Atlet. Mahkamah Agung dalam putusan Peninjauan Kembali (PK) telah memvonis Angie bersalah dan dihukum penjara selama 10 tahun atas kasus suap sebesar Rp. 2,5 milyar dan US$1,2 juta terkait anggaran proyek Kemenporan dan Kemendikbud.

Namun hal tersebut tak membuat semangat Brotoseno surut. Justru waktu itu, Brotoseno menunjukkan keseriusannya terhadap mantan istri dari Adji Massaid itu. Meskipun dia harus dimutasi dari Penyidik KPK menjadi Staf Sumber Daya Manusia Polri di Biro pembinaan Karir.

Ketika Angie dipenjara, AKBP Brotoseno yang merawat anak semata wayang dari Angelina Sondakh hasil dari pernikahannya dengan almarhum Adjie Massaid. Dan Brotoseno juga sering menjenguk Angie yang dipenjara di Rutan Pondok Bambu.

Lantas, apakah mereka berdua sudah menikah? Sebelum itu mari kita lihat dulu Profil AKBP Brotoseno berikut ini.

Profil AKBP Brotoseno, Biografi dan Riwayat Lengkap

Nama Raden Brotoseno
Jenis Kelamin Laki-Laki
Domisili Jakarta
Riwayat Pendidikan
  • SMA Negeri 54 Jakarta Timur
  • Universitas Indonesia
Riwayat Pekerjaan
  • Penyidik KPK
  • Staf Sumber Daya Manusia Polri di Biro Pembinaan Karir
  • Kepala Unit di Direktorat Tindak Pidana Korupsi pada Badan Reserse dan Kriminal Polri
Status Menikah (Siri)
Pasangan
  • Dr. Yanti Miranda Sari (Cerai) (2003-2011)
  • Angelina Sondakh (Siri) (2012 – sekarang)
Anak Raka (Kandung)

Keanu Jabbar Massaid (Siri)

Seperti yang terlihat diatas, Brotoseno telah menikahi Angie secara siri yang dilakukan di Rutan Pondok Bambu ketika Angie masih dipenjara. Hal tersebut diungkapkan oleh kuasa hukum Brotoseno, Firman Chandra pada 23 November 2016 lalu.

Firman juga mengemukakan bahwasannya Angie telah dinikahi secara siri selama 4 tahun. Yang berarti pernikahan tersebut dilaksanakan pada tahun 2012. Brotoseno dan Angie sendiri sudah menjalin kasih sejak pertengahan 2011, setelah Angie menyandang status janda karena suaminya Adjie Massaid meninggal dunia.

Namun kisah asmara duo sejoli inipun harus menghadapi ombak masalah lagi. Dikarenakan AKBP Brotoseno harus menyandang status tersangka karena menerima suap. Brotoseno dan Kompol berinisial DSY menerima suap sebesar Rp. 1,9 milyar agar memperlambat penanganan kasus Korupsi Cetak Sawah Kementrian BUMN di Ketapang, Kalimantan Barat, periode 2012-2014.

Bukan hanya Brotoseno dan Kompol DSY, pengacara berinisial HAH dan juga perantara berinisial LMB yang menyerahkan uang tersebut juga menjadi tersangka dalam kasus ini. Bahkan pengacara HAH menjanjikan uang Rp. 3 milyar agar melancarkan keinginan memperlambat proses penyidikan kasus cetak sawah.

Proyek Cetak sawah adalah proyek gabungan dari dana CSR atau Corporate Social Responsiblity. Dimana banyak perusahaan BUMN yang bergabung diantaranya, Perusahaan Gas Negara, Hutama Karya, BRI, Pelindo, BNI, PT. Askes, dan Pertamina yang nilanya mencapai Rp. 317 milyar.

Brotoseno harus menjalani proses hukumnya, dan dia ditahan di Rutan Cipinang, Jakarta Timur. Asep Sutandra, selaku Kepala Rutan Cipinang mengatakan bahwa Brotoseno dan ratusan tahanan yang lain akan menjalani masa pengenalan, pengamatan dan juga penelitian (Mapenaling)  hingga ditempatkan pada sel masing-masing. Namun masih belum diketahui berapa lama masa mapenaling tersebut.

Bertambah atau tidaknya tersangka dalam kasus tersebut, tergantung pada pemeriksaan 4 orang tersebut. Itulah yang dikatakan Kabareskrim Komjen Ari Dono Sukmanto di Mabes Polri. Brotoseno dan ketiga tersangka lainnya akan terjerat pasal 5 juncto pasal 12 a UU nomor 31 tahun 1999 yang sekarang berubah menjadi UU nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Demikianlah mengenai fakta, biografi, dan profil AKBP Brotoseno. Sungguh ironis kisah cinta Brotoseno. Dimana Angie harus menetap di Rutan Pondok Bambu, dan Brotoseno harus menetap di Rutan Cipinang.

Kata Kunci Terkait:

Tulis Komentarmu Disini