Profil Adhyaksa Dault (Mantan Menteri), Benarkah Dirinya Anti-Pancasila?

Akhir-akhir ini nama Adhyaksa Dault sedang hangat diperbincangkan para masyarakat. Pasalnya mantan Menpora (Menteri Pemuda dan Olahraga) tersebut dituduh sebagai anti-pancasila. Bagaimana hal tersebut bermula? Berikut ini adalah bahasan mengenai kabar terbaru, biodata dan profil Adhyaksa Dault terlengkap.

Kabar ini berhembus bermula ketika Mendagri (Menteri Dalam Negeri), Tjahjo Kumolo menyebutkan bahwa ada eks mentri yang anti-pancasila. Hal tersebut ia sampaikan dalam acara pembekalan kepala daerah dari hasil Pilkada 2017.

Bukan hanya itu, Tjahjo Kumolo juga mengungkapkan bahwa menteri yang kini sedang menjabad komisaris BUMN ingin mengubah NKRI menjadi negara Islam. Pernyataan tersebut diduga mengarah pada nama Adhyaksa Dault.

Alhasil Adhyaksa pun mengklarifikasi bahwa dirinya bukanlah orang yang anti-Pancasila. Namun justru ia adalah orang nomor satu yang ingin membela Pancasila dan UUD 1945. Bahkan ia menambahkan bahwa kakeknya adalah orang yang mati demi Pancasila, tidak mungkin ia bisa menghianati pengorbanan kakeknya tersebut.

Diduga, kabar ini mulai naik daun karena video dari Adhyaksa yang sedang menghadiri acara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) tersebar luas di sosial media. Adhyaksa mengungkapkan bahwa mungkin saja Tjahjo, seniornya dalam berorganisasi itu belum melihat klarifikasinya tentang video yang tersebar itu, bahwasannya itu adalah video pada tahun 2013, sudah lama dan tidak relevan lagi.

Adhyaksa Dault pun mencoba untuk klarifikasi kepada Tjahjo Kumolo lewat WhatsApp. Tak hanya itu, ia pun mengirim surat kepada Presidan Joko Widodo, Menteri BUMN, hingga Badan Intelijen Negara (BIN) untuk menjelaskan semuanya.

Kurang lebih surat tersebut berisi tentang, yang pertama bahwasannya kehadirannya di acara HTI tersebut hanyalah sebagai tamu undangan, bukan sebagai anggota. Yang kedua ia mengungkapkan bahwa NKRI dan Pancasila harga mati.

Poin selanjutnya yang ditulis dalam suratnya tersebut adalah melihat sejarah kehidupan dirinya yang selalu aktif membela NKRI, ikut berorganisasi dan juga ikut pelatihan, tidak mungkin bagi dirinya untuk menjadi seorang anti-Pancasila.

Selain itu, ia juga mengklarifikasi isi dalam video tersebut, dimana ia menyinggung soal khilafah islamiyyah. Ia menjelaskan bahwa khilafah yang dimaksud adalah khilfah islamiyah yang rosyidah. Bukan khilafah versi HTI maupun khilafah versi ISIS.

Biodata dan Profil Adhyaksa Dault Terlengkap

Biografi dan Profil Adhyaksa Dault Terbaru
Biografi dan Profil Adhyaksa Dault Terbaru
Nama Dr. H. Adhyaksa Dault S.H., M.Si
TTL Donggala, Sulawesi Tengah, 7 Juni 1963
Keluarga Drg. Mira Arismunandar (Istri)

Umar Adiputra Adhyaksa (Anak)

Fakhira Putri Maryam (Anak)

Adhyaksa (Anak)

Riwayat Pendidikan Universitas Trisakti

Universitas Indonesia

Institut Pertanian Bogor

Agama Islam
Pekerjaan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga ke 9 (2004 – 2009)

Ketua Kwartir Nasional (2014 – Sekarang)

Komisaris BRI

Komisaris BUMN

Ketua Kwartir Nasional ke-7

Dr. H. Adhyaksa Dault S.H., M.Si, laki-laki yang lahir 53 tahun silam di Sulawesi Tengah atau lebih tepatnya di Donggala ini merupakan mantan seorang Menteri Pemuda dan Olahraga. Ia menjabat waktu masa kepresidenan masih dibawah naungan Susilo Bambang Yudhoyono. Ia yang pada 21 Oktober 2004 menggantikan Mahadi Sinambela itu, secara resmi digantikan Andi Malarangeng pada 20 Oktober 2009.

Ia menempuh pendidikan Sarjananya di Universitas Trisakti dengan mengambil jurusan Hukum. Lalu dilanjutkan program Magister pada jurusan Sosiologi. Tak puas dengan itu, ia pun mengambil program Doktor jurusan Teknik Kelautan di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Adhyaksa Dault memiliki banyak sekali pengalaman berorganisasi. Mulai dari Ketua Senat ketika ia masih menjadi Mahasiswa, maupun menjadi Ketua Umum seperti Ketum Majelis Pemuda Indonesia hingga Ketum Dewan Pimpinan Nasional Garda Muda Merah Putih. Tak heran apabila sekarang ia diangkat menjadi Ketua Kwarna Gerakan Pramuka dengan periode 2013–2018.

Selain itu ia juga pernah mengikuti beberapa pelatihan diantara penataran P4, hingga Penataran Kewaspadaan Nasional. Selain itu ia juga mempunyai beberapa karya tulis seperti Bunga Rampai (1996) hingga karya terbarunya berjudul Pemuda dan Kelautan (2008).

Demikianlah informasi pribadi mengenai berita terbaru, fakta, biografi, biodata dan profil Adhyaksa Dault terlengkap. Mengenai masalah yang menyandung dirinya, semoga saja bisa cepat terselesaikan dan semoga bangsa kita bisa lebih maju lagi.

Kata Kunci Terkait:

Tulis Komentarmu Disini