Inilah Profil Yansen Binti, Tersangka Pembakaran 7 Sekolah di Kalteng

Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah telah menetapkan Yansen Binti, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah sebagai tersangka pada hari Senin (4/9/2017) lalu. Yansen Binti menjadi tersangka atas kasus pembakaran 7 sekolah dasar negeri di Palangka Raya pada akhir Juli 2017 lalu. Seperti apakah sosok anggota DPRD Kalteng ini? Berikut Profil Yansen Binti beserta biodata dan latar belakang profesinya.

Kronologis penetapan tersangka Yansen Binti berlangsung di ruangan Direktorat Reserse dan Kriminal Umum (Ditreskrium) Polda Kalimantan Tengah sejak pukul 8.20 WIB hingga pada malam hari tepatnya pukul 22.00 WIB, ditetapkan menjadi tersangka oleh Polda Kalimantan Tengah.

Kasus pembakaran 7 sekolah dasar negeri di Palangka Raya yang melibatkan Yansen Binti terjadi pada Jumat hingga Sabtu 21-22 Juli 2017. Dalam kurun waktu kurang lebih 24 jam 4 sekolah terbakar diantaranya adalah SDN 4 Menteng serta SDN 4 Langkai pada tanggal 21 Juli 2017  sekitar pukul 13.00.

Kemudian pada hari Sabtu, 22 Juli 2017  giliran SDN 1 Langkai pada pukul 02.00, hingga disusul pada pukul 03.00 terjadi pembakaran di SDN 5 Langkai. Hingga selang 9 hari kemudian terjadi pembakaran beruturut – turut Sabtu 29 Juli 2017 terjadi di SDN 8 Palangka Raya dan 30 Juli 2017 tejadi di SDN 1 Menteng hingga terakhir di SMK milik Yayasan ISEI.

Akibat perbuatannya Yansen Binti terancam hukuman kurungan penjara selama maksimal 15 tahun dengan dikenai pasal 187 juncto Pasal 55 Kitab Undang – Undang Hukum Pidana bersama 6 tersangka lainnya.

Biodata dan Profil Yansen Binti Terlengkap

Biodata dan Profil Yansen Binti Terlengkap

Nama Lengkap: Drs. Yansen A. Binti, MBA
Tempat Lahir: Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Tanggal Lahir: 13 Agustus 1957
Umur Sekarang: 60 Tahun
Kebangsaan: Indonesia
Agama: Kristen Prostestan
Nama Istri: Mariati Isman, SE
Jabatan: Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah
Masa Jabatan: 2014- 2019
Riwayat Pendidikan, Jabatan & Penghargaan: WikiPedia

Yansen Binti merupakan seorang pria yang berumur 60 tahun yang memiliki seorang istri bernama Mariati Isman. Pernikahan mereka hingga saat ini dikaruniai 5 orang anak. Yansen Binti menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah sejak 3 tahun yang lalu, tepatnya dilantik pada tanggal 14 agustus 2014. Jabatannya kali ini merupakan masa bakti 2014 hingga 2019.

Sebelum menjadi anggoa DPRD, Yansen pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah pada periode 1997 – 1999 kemudian pernah menjabat pula sebagai anggota DPRD Kota Palangka Raya pada periode 2009 – 2014.

Selain menjabat sebagai anggota DPRD Yansen Binti juga pernah menjadi dosen di 3 universitas berbeda yakni dosen Fakultas Ekonomi, dosen Universitas Palangka rRya, dosen STIE Palangka Raya, serta dosen STIKI Palangka Raya.

Yansen Binti menempuh pendidikan S1 di Universitas Brawijaya Malang, kemudian melanjutkan pendidikan S2 di Magister Of Busisines Administrator Jakarta.

Demikianlah ulasan singkat mengenai kasus pembakaraan 7 sekolah di Kalimantan Tengah yang dilakukan oleh Anggota DPRD Kalimantan Tengah. Dengan biodata dan profil Yansen Binti (Anggota DPRD Kalimantan Tengah) tersebut semoga bisa mengurangi rasa penasaran anda.

Kata Kunci Terkait:

2 thoughts on “Inilah Profil Yansen Binti, Tersangka Pembakaran 7 Sekolah di Kalteng

  1. Klo ini benar, berarti apa yang selama ini berkembang bahwa PKI sedang bergeliat di NKRI ternyata benar adanya. Itulah ulah orang munafik dan kafir harbi ingin memunculkan kekacauan buat NKRI yang berketuhanan.

  2. Terima kasih,Saudara Agung,saya termasuk yang ikut penasaran siapa jati diri Yansen Binti.Dengan tulisan Anda tentang ” Profil Yansen Binti…”rasa penasaran itu terjawab.Terjawab,sekaligus semakin bersedih karena dia itu ternyata juga seprofesi dengan saya- pendidik/dosen bergelar sarjana pula,Semoga untuk anak-anak kandungnya ( 5 ) tidak berlaku”Hukum Mendel” ( Wikipedia Bahasa Indonesia ) dimana DNA yang mewarnai sifat-sifat temperamentnya kelak sangat boleh jadi menurunkan gen jahat.

Tulis Komentarmu Disini