Biodata Luis Fernandez dan Prestasinya: Calon Pelatih Timnas Indonesia

Kabar mengejutkan datang dari kancah sepak bola Indonesia. Pada saat kongres tahunan pertama di Bandung, yang diselanggarakan 8 Januari 2017, PSSI mengumumkan beberapa calon nama pelatih timnas Indonesia yang baru. Nama yang paling sering disebut ialah Luis Fernandez yang berasal dari Perancis. Beberapa pengamat sepak bola mengatakan bahwa pemain serta pelatih satu ini mempunyai segudang prestasi dan dirasa mampu membawa timnas Indonesia ke level yang lebih baik. Penasaran dengan biodata Luis Fernandez dan beberapa faktanya? Simak ulasan berikut ini.

Kepelatihan Alfred Riedl di timnas Indonesia sudah hampir selesai, semua jasanya diakui oleh semua masyarakat tanah air. Sekarang PSSI tinggal mencari nama yang mempunyai kualitas lebih baik lagi dari Alfred Riedl. Luis Fernandez yang merupakan pemain sepak bola kelahiran Spanyol ini digadang gadang dapat memenuhi kebutuhan ilmu dari pemain timnas Indonesia. Selain menjadi pelatih timnas senior, ia juga bakal merangkap sebagai pelatih U-23 Indonesia.

Prestasi Luis Fernandez Selama jadi Pemain Sepak Bola

Semua kesuksesan pasti berawal dari nol. Seperti yang dialami oleh Luis Fernandez. Tanah kelahirannya berada di Tarifa, Spanyol. Namun pada umur 9 tahun ia diajak orang tuanya untuk pindah ke Perancis. Disana ia menekuni hobi sepak bola dan berlatih. Hingga akhirnya di tahun 1981 ia resmi menjadi warga negara Perancis. Klub pertama yang ia tunggangi ialah HAVE Minguettes di tahun 1969.

Berkat kepiawaiannya dalam bermain ia dapat masuk di klub favorit yaitu PSG (Paris Saint Germain). Debutnya ia jalani antara tahun 1978 hinga 1986. Selang lama, Luis Fernandez beralih menjadi skuad klub RC Paris dan Cannes. Selama ia menjadi pemain sepak bola, total ada 38 gol yang ia ciptakan dalam 377 pertandingan.

Tak hanya bermain di liga Perancis saja. Luis Fernandez juga pernah menjadi skuad timnas Perancis dari tahun 1982 hingga 1992. Selama 10 tahun ia membela, total ada 6 gol yang ia peroleh dari 60 pertandingan. Sampai akhirnya ia harus pensiun sebagai pemain di tahun 1993. Kecintaannya akan sepak bola sangat melekat pada dirinya. Setelah menjadi pemain ia mencoba karir sebagai pelatih suatu klub hingga tim nasional.

Kesuksesan Luis Fernandez Selama Jadi Pelatih

Ada 3 klub yang pernah ia pimpin. Di tahun 1994 ia berada di Paris Saint Germain selama 2 tahun. Ia mampu memperoleh lima gelar, namun sayangnya tidak mendapatkan trofi di liga 1. Di tahun 1996 sampai 2000 ia mencoba peruntungan di klub Athletic Bilbao. Hanya 4 tahun, Luis Fernandez kembali ke PSG hingga tahun 2003. Di tahun 2001 ia pernah membawa pemain sepak bola pentolan yaitu Ronaldinho yang berasal dari klub Gremio. Di lain hal, Luis Fernandez juga pernah menjadi pelatih timnas Israel di tahun 2010 – 2011 dan timnas Guinea di tahun 2015 – 2016.

Biodata Luis Fernandez Terlengkap

Nama Lahir: Luis Miguel Fernandez Toledo
TTL: Tarifa, Spanyol 2 Oktober 1959
Umur: 57 tahun
Pasangan: Audrey Attia
Tinggi: 181 cm
Berat Badan: 70 Kg
Nomor Punggung: 8 (Paris Saint-Germain FC)
Posisi Bermain: Gelandang Bertahan
Karir Senior (klub): Paris Saint Germain (1978 – 1986), RC Paris (1986 – 1989), Cannes (1989 – 1993)
Karir di Tim Nasional: Perancis (1982 – 1992)
Kepelatihan: Cannes, PSG, Athletic Bilbao, PSG, Espanyol, Al Rayyan, Beitar Jerussalem, Betis, Reims, Israel, Guinea

Itulah informasi dari kami terkait Biodata Luis Fernandez dan lika likunya di dunia sepak bola. Informasi tersebut kami peroleh dari wikipedia sebagai web yang cukup berotoritas. Kita berharap agar timnas Indonesia memperoleh yang terbaik dan mampu menunjukkan prestasinya di tingkat Asia bahkan Dunia.

Kata Kunci Terkait:

Tulis Komentarmu Disini