Biodata Kahiyang Ayu Terlengkap! Plus Fakta Menarik dari A hingga Z

Jagad nusantara saat ini sedang diramaikan oleh pernikahan putri Presiden RI-7 dengan seorang pria asal Batak yaitu Bobby Nasution. Banyak netizen yang penasaran seperti apa sosok Kahiyang Ayu yang merupakan keturunan orang nomor satu di Indonesia ini. Apakah dia berkepribadian sederhana seperti yang ditampilkan oleh sang ayah? Berikut profil dan biodata Kahiyang Ayu beserta fakta-fakta menarik lainnya.

Jika menengok beberapa minggu lalu, media diramaikan oleh pernikahan pasangan artis Korea Selatan yakni Song Joong Ki dan Song Hye Kyo. Masih terkait dengan kabar bahagia, media tanah air kembali diramaikan oleh pernikahan antara Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Pasangan ini menjadi sorotan media karena calon mempelai wanita merupakan putri dari Presiden RI-7 yakni Joko Widodo.

Lantas seperti apa prosesi yang akan dilaksanakan selama pernikahan? Karena keluarga Joko Widodo berasal dari Solo, yang notabene masih kental akan budaya Jawa maka akan menerapkan adat istiadat yang telah diajarkan di tanah Jawa ini pada pernikahan putrinya. Segala prosesi dimulai dari tanggal 7 November hingga 8 November 2017.

Pada hari pertama, Joko Widodo yang dibantu oleh ibu Iriana memasang Bleketepe (anyaman daun kelapa) di dekat teras utama. Setelah itu kemudian dilanjutkan dengan proses Siraman dan Sade Dawet yang dilakukan oleh orang tua mempelai wanita.

Sedangkan untuk akad nikah akan berlansung pada hari kedua, yakni 8 November 2017 di Gedung Graha Saba Buwana, Banjarsari, Solo pukul 08.00 WIB. Segala prosesi mulai dari akad nikah hingga resepsi akan dilaksanakan pada hari tersebut. Untuk resepsi, akan dibagi menjadi dua waktu. Yaitu siang (10.30-11.30 & 12.00-13.00) serta malam hari (18.30-19.30 & 20.00-21.00). Beralih ke topik utama kita yaitu biodata Kahiyang Ayu dari data dirinya hingga bagaimana dia bertemu dengan Bobby Nasution.

Profil dan Biodata Kahiyang Ayu Lengkap dengan Data Keluarga, Agama, Pekerjaan hingga Kisah Asmara

Biodata Kahiyang Ayu Terlengkap Plus Fakta Menarik dari A hingga Z

Nama Lengkap: Kahiyang Ayu
Nama Panggilan: Ayang
Tempat Lahir: Solo, Jawa Tengah
Tanggal Lahir: 20 April 1991
Umur Saat Ini: 23 tahun
Pekerjaan atau Profesi: Mahasiswi / Bisnis
Agama: Islam
Nama Ayah: Joko Widodo
Nama Ibu: Iriana
Saudara:
  • Gibran Rakabuming Raka (Kakak)
  • Kaesang Pangarep (Adik)
Nama Suami: Muhammad Afif Bobby Nasution (8 November 2017)
Pendidikan:
  • Fakultas Ilmu dan Teknologi Pangan di Universitas Sebelas Maret (2009-2013)
  • Fakultas Bisnis dan Manajemen di Institur Pertanian Bogor (2015-sekarang)
Akun Instagram: @ayanggkahiyang

Kahiyang Ayu, merupakan satu-satunya anak perempuan dari 2 bersaudara pasangan Joko Widodo dan Iriana. Wanita yang memiliki nama panggilan Ayang ini mempunyai seorang kakak laki-laki yang bernama Gibran Rakabuming Raka dan seorang adik laki-laki yakni Kaesang Pangarep. Kahiyang lahir dan dibersarkan di tanah Solo dari tahun 1991.

Diumurnya yang menginjak 14 tahun, sang ayah mulai menjabat sebagai orang terpenting di kota Solo sebagai Walikota. Selang 7 tahun, bapak Jokowi berpindah amanat yang kemudian menjadi Gubernur DKI Jakarta saat Ayang berusia 21 tahun. Karena kemampuannya dalam memimpin suatu daerah dan mampu mengambil hati masyarakat luas, 2 tahun kemudian bapak Jokowi dicalonkan pada Pilpres 2014 dan terpilih menjadi Presiden RI ke 7 sejak tahun 2014 silam.

Meskipun lahir di lingkungan orang nomor satu di Indonesia, Kahiyang tetap rendah hati, memiliki sifat kesederhanaan dan mudah berbaur dengan teman-temannya. Menengok ke sisi pendidikan, setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas, Kahiyang melanjutkan pendidikan S1 nya di Universitas Sebelas Maret (USM) mengambil fakultas Ilmu dan Teknologi Pangan. Untuk menyelesaikan studinya ini, Kahiyang memerlukan waktu sekitar 4 tahun dengan nilai IPK 3,12.

Setelah memperoleh gelar S1, Ayang mencoba peruntungan dengan mengikuti tes seleksi CPNS Pemkot Solo. Dalam seleksi tersebut, Ayang sama sekali tidak memanfaatkan jabatan sang ayah untuk memperoleh pekerjaan. Ayang berharap agar pekerjaan yang dia dapatkan benar-benar dari usahanya sendiri. Namun sayang, saat menjalani seleksi tersebut Ayang belum lolos dan tidak berputus asa.

Untuk menambah ilmu dan pengalaman, Kahiyang kemudian mencoba untuk meneruskan pendidikan pascasarjana di Institut Pertanian Bogor dengan mengambil fakultas Bisnis dan Manajemen pada tahun 2015 silam. Dari kampus inilah kisah cinta Kahiyang dengan Bobby dimulai. Menurut wawancara yang dilakukan oleh Kaesang (Adik Kahiyang) di channel youtubenya, Bobby mengaku bahwa Kahiyang sering meminta dirinya untuk belajar bersama. Saat itu mereka berdua sedang mengerjakan tugas kelompok.

Baca Juga! Profil Bobby Nasution, Apa Profesi yang Ia Jalani?

Berselang waktu, Ayang sering merasa cemburu ketika Bobby dekat dengan wanita lain. Singkat cerita, mereka berdua saling memberikan sinyal cinta dan akhirnya menjalani hubungan selama kurang lebih 1 tahun. Tak memerlukan waktu yang lama bagi Bobby, di bulan Juni lalu dia memohon restu kepada orang tua Kahiyang untuk meminangnya. Setelah disetujui, mereka pun bertunangan serta menetapkan tanggal 8 November sebagai hari pernikahan bagi mereka berdua.

Seperti itulah pemaparan dari kami mengenai profil dan biodata Kahiyang Ayu yang dalam waktu dekat akan menyandang status sebagai Istri dari Bobby Nasution. Kita doakan semoga mereka berdua diberikan kelancaran selama pernikahan dan menjadi keluarga yang sakinah mawadah wa rahmah serta menjadi keluarga yang bahagia dunia-akhirat. Aamiin.

Kata Kunci Terkait:

2 thoughts on “Biodata Kahiyang Ayu Terlengkap! Plus Fakta Menarik dari A hingga Z

  1. Bersedia merestui Bobby Nasution Etnis Batak Mandailing sebagai menantu.Demi kebahagiaan putri satu satunya.Jokowi adalah sosok orangtua berpikir moderat.

Tulis Komentarmu Disini