Biodata dan Profil Setya Novanto, Dari Foto Copy hingga Ketua DPR-RI

Beberapa minggu belakangan ini, nama Setya Novanto selalu ramai diperbincangkan baik di media cetak, elektronik hingga media online. Beliau ditetapkan oleh KPK sebagai terduga yang melakukan tindakan melawan hukum serta menyalahgunakan wewenang pada proyek E-KTP beberapa waktu lalu. Kali ini kami tidak membahas kasus-kasus yang dialaminya, namun kami akan menyajikan informasi terkait dengan biodata dan profil Setya Novanto secara mendalam.

Pada saat artikel ini ditulis, Setya Novanto baru saja mengalami kecelakaan tunggal saat dirinya sedang mengendarai mobil dan menabrak tiang listrik. Hal ini terjadi bersamaan saat tim penyidik KPK yang sedang mencari-cari keberadaan beliau. Karena kejadian inilah, banyak masyarakat yang berpendapat bahwa Setnov sedang berusaha menghindari tim penyidik KPK untuk dimintai keterangan.

Bahkan, banyak dari fanspage-fanspage yang malah membuat meme Setya Novanto saat dirinya mengalami kecelakaan. Netizen percaya jika kejadian ini merupakan rekayasa karena banyak kejanggalan-kejanggalan yang tidak sesuai fakta.

Misal, mobil Fortuner remuk saat menabrak tiang listrik? Supir dan pendamping Setnov yang duduk di kursi depan mobil, tidak apa-apa malah bapak Setya Novanto yang duduk dibelakang mengalami gegar otak hingga tidak sadarkan diri? Beberapa alasan tersebut dianggap tidak masuk akal oleh para netizen.

Itulah beberapa informasi terbaru yang terkait dengan kondisi Setya Novanto saat ini. Mari langsung saja kita lanjutkan pembahasan mengenai biodata dan profil Setya Novanto mulai dari masa dia kecil, beliau berasal dari keluarga seperti apa hingga perjalanan hidup yang cukup mengesankan.

Biodata dan Profil Setya Novanto Lengkap dengan Data Keluarga

Biodata dan Profil Setya Novanto Terlengkap

Nama Lengkap: Drs. Setya Novanto, Ak.
Tempat Lahir: Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Tanggal Lahir: 12 November 1954
Umurnya Sekarang: 63 tahun
Nama Istri:
  • Luciana Lily H
  • Deisti Astriani Tagor, S.H.
Anak Setya Novanto: Pernikahan dengan Luciana Lily H:

  • Reza Herwindo
  • Dwina Michaella

Pernikahan dengan Deisti Astriani Tagor:

  • Gavriel Putranto
  • Giovanno Farrell
Agama: Islam
Pekerjaan: Politisi
Pendidikan:
  • TK Dewi Sartika Bandung
  • SD Negeri 5 Bandung
  • SMP Negeri 73 Tebet Jakarta
  • SMA Negeri 9 Jakarta
  • Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Fakultas Ekonomi Jurusan Akunansi (1979)
  • Universitas Trisakti Jakarta, Fakultas Ekonomi, Jurusan Akuntansi Manajemen (1983)
Jabatan Sekarang:
  • Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia ke-16
  • Ketua Umum Partai Golongan Karya ke-10
Buku: Manajemen Presiden Soeharto: Penuturan 17 Menteri, Yayasan Bina Generasi Bangsa, Jakarta (1996)
Akun Instagram: @s.novanto
Sumber Data: Wikipedia

Orang yang sekarang menduduki posisi ketua DPR-RI ini lahir di Bandung pada 12 November 1955 silam. Beliau merupakan anak kelima dari 8 bersaudara oleh pasangan R. Soewondo Mangunratsongko dengan Julia Maria Sulastri. Banyak lika-liku yang harus beliau lalui untuk menjadi seorang yang sukses baik di bidang politik maupun berwirausaha.

Pendidikan Setya Novanto pada jenjang TK dan Sekolah Dasar beliau lalui di kota kelahirannya yakni Bandung. Namun, karena ketidak cocokan antara kedua orang tuanya yang akhirnya bercerai, Setya Novanto pindah ke Jakarta dan ikut dengan Ibu serta saudara-saudaranya. Di kota inilah Setya Novanto melanjutkan pendidikan SMP dan SMA-nya.

Setelah lulus dari SMA, beliau melanjutkan pendidikan sarjananya di kota Surabaya. Dimana Surabaya merupakan tempat Ayah Setya Novanto tinggal. Namun, beliau lebih memilih untuk kontrak daripada tinggal bersama sang ayah. Pada masa ini, merupakan masa-masa sulit bagi Setnov. Dia harus memeras pikiran dan tenaganya untuk membiayai kuliah. Saat itu, Setnov berusaha dengan cara menjual madu di pasar hingga menjadi model foto.

Berbagai usaha dia lakukan, dan akhirnya Setya Novanto menemukan pekerjaan sebagai sales mobil. Seiring berlalunya waktu, Setnov dipercaya sebagai kepala penjualan mobil Indonesia Timur atas keuletan dan kepintaran beliau selama menjadi sales. Hingga akhirnya beliau menamatkan studi di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya sebagai sarjana muda.

Profil Setya Novanto: Berawal dari Usaha Fotokopi hingga Bisnis Hotel

Ditahun berikutnya, Setya Novanto kembali meneruskan pendidikan di Universitas Tri Sakti Jakarta. Masih sama seperti masa lalunya, beliau harus melewati masa-masa kuliah sambil membuka usaha. Waktu itu dia memberanikan diri untuk membuka jasa fotokopi dan menjual buku kuliah copy-an yang dijual kepada para mahasiswa. Berkat ketekunannya, dia bisa memiliki modal sendiri untuk mendirikan kantin di lingkungan kampus. Diumurnya yang ke 29 beliau menyelesaikan pendidikannya di Universitas Tri Sakti.

Berkat ilmu mengenai ekonomi dan manajemen, Setnov diberi amanat sebagai manajer dari SPBU Cikokol Tangerang. Ditangannya, SPBU tersebut berkembang pesat dan dijadikannya oleh Setnov sebagai batu loncatan. Berkat keberhasilannya tersebut, Setya Novanto sangat percaya diri untuk mendirikan sebuah usaha. Bisnis perternakan, pengadaan bahan baku tekstil, lapangan golf berkelas Internasional hingga bisnis hotel ia jalani.

Setelah 14 tahun lamanya menggeluti dunia bisnis, Setnov mencoba tantangan baru. Selanjutnya beliau mencoba masuk ke ranah politik dengan membuat buku pertamanya yang bertajuk Manajemen Soeharto dengan kawan lainnya. Namun buku tersebut akhirnya dilarang beredar akibat kerusuhan yang terjadi pada Mei 1997 lalu. Diusianya yang menginjak 42 tahun, Setnov mencoba bergabung dengan berbagai organisasi diantaranya adalah Organisasi Bahumas Kosgoro dan PPK Kosgoro 1957 hingga menjadi anggota Partai Golkar.

Foto Setya Novanto Terbaru

Pada saat pemilu 1999 Setya Novanto terpilih sebagai anggota DPR daerah Nusa Tenggara Timur. Dirinya menjabat sebagai anggota DPR selama 3 tahun berturut-urut. Jabatannya pun selalu naik mulai dari bendahara, ketua fraksi Golkar hingga di usianya yang ke 63 tahun beliau terpilih sebagai ketua DPR-RI pada 2 Oktober 2014 silam. Namun karena Setya Novanto dilaporkan atas kasus “Papa Minta Saham” Freeport ke MKD DPR, dirinya memutuskan untuk mengundurkan diri.

Ditahun 2016 Fraksi Golkar mencoba untuk mengajukan nama Setya Novanto pada saat pemilihan ketua DPR-RI karena kasus “Papa Minta Saham” dinyatakan cacat hukum oleh Mahkamah Konstitusi. Akhirnya beliau pun terpilih sebagai ketua DPR-RI periode 2016-2019.

Sekian ulasan kami mengenai biodata dan profil Setya Novanto yang sudah dijabarkan secara lengkap. Dari tabel dan pemaparan tersebut, semoga bisa menghilangkan rasa penasaran Anda pada sosok orang nomor satu di DPR-RI ini. Kita doakan semoga semua kasus-kasus yang menyeret nama beliau bisa terselesaikan dengan baik.

Kata Kunci Terkait:

Tulis Komentarmu Disini