Biodata dan Profil Sandiaga Uno, Salah 1 dari Orang Terkaya di Indonesia?

inibiodata – Barangkali saat ini banyak orang yang sedang mencari tahu tentang profil Sandiaga Uno, nama yang akhir-akhir ini mulai mencuat kembali seiring dengan maraknya berita tentang pilpres 2019. Hal yang paling mencuri perhatian publik saat ini adalah selain kekayaannya yang konon bisa mencapai trilyunan rupiah, juga kiprahnya dalam dunia politik yang seakan memberi nafas baru bagi partai yang kini menggandengnya.

Ya, Sandiaga Uno, wakil gubernur DKI Jakarta sekaigus pengusaha sukses yang kaya raya ini akan maju sebagai cawapres mendampingi Ketua Umum partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai Capres pada Pilpres 2019 mendatang.

Siapa yang menyangka jika perjalanan hidup dan karir seorang Sandiaga Uno ternyata penuh liku dan tidaklah mudah. Ia adalah salah satu contoh seorang pebisnis sukses yang memulai karirnya dari bawah.

Lulusan Universitas Wichita, Amerika serikat ini sempat menjadi karyawan pada beberapa perusahaan yang akhirnya menjadi pengangguran setelah perusahaan tempatnya bekerja collaps karena krisis moneter yang terjadi pada tahun 1997.

Bersama dengan beberapa rekan, Sandiaga Uno mulai membangun perusahaan sendiri pada tahun 1998. Di bawah payung PT Saratoga Investama, Sandiaga Uno berhasil menarik investor untuk mengakuisisi beberapa perusahaan-perusahaan yang bangkrut untuk kemudian dibenahi dan dijualnya kembali.

Usaha yang dijalaninya berkembang pesat. Pada tahun 2009, Sandiaga Uno tercatat sebagai orang Indonesia yang memiliki kekayaan sebesar 400juta dollar AS atau setara dengan 5,6 triliun rupiah, yang menjadikannya sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia.

Biodata dan Profil Sandiaga Uno Terlengkap

Biodata dan Profil Sandiaga Uno

Nama: Sandiaga Salahuddin Uno
Tempat Lahir: Pekanbaru
Tanggal Lahir: 28 Juni 1969
Istri: Nur Asiah
Anak: ·         Anneesha Atheera Uno

·         Amyra Atheefa Uno

·         Sulaiman Saladdin Uno

Orang Tua: ·         Razif Halik Uno (Ayah)

·         Mien Rachman (Ibu)

Almamater: ·         Wichita State University (1990)

·         George Washington University (1992)

Profesi: ·         Pengusaha

·         Wakil Gubernur DKI Jakarta

Partai Politik: Gerindra
Akun Instagram: @sandiuno
Akun Twitter: @sandiuno

Pendidikan Sandiaga Uno, Capai IPK Cum Laude

Profil Sandiaga Uno dimulai dengan pendidikannya yang penuh prestasi. Sandiaga Uno mulai mengenyam pendidikannya di Jakarta, mulai dari SD Katolik PSKD, SMPN 12 dan SMA Katolik Pangudi Luhur, Jakarta. Setelah itu ia melanjutkan pendidikannya ke luar negeri, kuliah di Wichita University, Amerika Serikat dan lulus dengan nilai sempurna alias cum laude.

Setelah lulus, Sandiaga sempat bekerja sebentar pada sebuah bank di Jakarta sebelum akhirnya mendapatkan beasiswa dan melanjutkan kuliahnya kembali di Washington University, Amerika. Disini ia pun lulus dengan nilai yang memuaskan dengan nilai IPK 4.00.

Bagaimana Perjalanan Karir Sandiaga Uno?

Perjalanan Karir Sandiaga Uno

Sepulangnya dari Amerika Serikat, Sandiaga mulai bekerja kembali. Sandiaga Uno bergabung di perusahaan Singapura yaitu di Seapower Investment LTD, sebagai seorang manager investasi. Setahun kemudian pindah bekerja ke perusahaan NTI Resources, di Kanada dan menjabat sebagai executive vice president.

Krisis moneter yang terjadi pada tahun 1997 terpaksa membuatnya menjadi pengangguran, karena perusahaan tempatnya bekerja bangkrut.

Satu tahun menganggur, pada tahun 1998 Sandiaga mulai bangkit kembali dan membalikkan pola pikirnya dari karyawan untuk menjadi pengusaha. Ia pun mengajak beberapa rekan untuk mendirikan usaha bersama.

Berdiri dibawah payung PT Saratoga Investama dan PT Recapital Advisor, Sandiaga dan rekan mulai menggandeng investor untuk mengakuisisi perusahaan-perusahaan yang bangkrut karena krisis moneter. Ia membeli perusahaan-perusahaan tersebut, memperbaikinya dan kemudian menjualnya kembali dengan nilai yang tinggi. Usahanya berkembang pesat. Salah satu perusahaan yang pernah diakuisisi nya adalah PT BTPN.

Pada tahun 2015, Sandiaga Uno mempercayakan PT Saratoga kepada rekannya, dan dia maju untuk mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta yang akhirnya terpilih dan menjabat hingga saat ini.

Apasih Hobi Sandiaga Uno?

Sandiaga Uno memiliki kegemaran olahraga atletik, khususnya olahraga lari. Dia tercatat telah banyak mengikuti lomba lari yang diselenggarakan di luar negeri yaitu di New York, Berlin, Tokyo, Boston dan London. Ia juga pernah didaulat menjadi ketua umum Persatuan Renang di Seluruh Indonesia.

Beberapa Prestasi Sandiaga Uno

  1. Sandiaga Uno tercatat sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes dan Global Asia, dengan total kekayaan mencapai 5,6 Triliun Rupiah.

  2. Ia juga mendapatkan penghargaan Entrepreneur of The Year 2008 oleh Entreprise Asia.

  3. Memenangi Pilkada 2017 dan saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

  4. Maju sebagai Cawapres pada Pilpres mendatang dengan Prabowo Subianto sebagai Capres.

“keberanian dan optimisme dalam memandang masa depan adalah kunci pembuka kesuksesan” – Sandiaga Uno

Demikian biodata dan profil Sandiaga Uno beserta informasi kekayaannya, perjalanan karir, hobi hingga keluarga beliau. Semoga informasi ini dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi Anda khususnya para pengusaha muda. Ia adalah contoh pengusaha yang berani, pantang menyerah, dan memiliki mimpi yang menjadi kenyataan.

Tulis Komentarmu Disini