Biodata Anton Charliyan Terbaru: Inspektur Jenderal Polisi (Kapolda Jabar)

Nama orang yang paling penting di Provinsi Jawa Barat ini sekarang sedang menjadi sorotan publik. Pasalnya Irjen Pol. Anton Charliyan sebagai Kapolda Jawa Barat terseret masalah dengan ormas Front Pembela Islam (FPI). Ormas tersebut kesal lantaran ia merupakan ketua dewan pembina GMBI yang beberapa hari lalu terjadi bentrok dengan FPI. Nah, mungkin dari kita penasaran dengan biodata Anton Charliyan ini. Seperti apa profil tentang dirinya?

Kami luruskan terlebih dahulu apa yang terjadi antara FPI dengan GMBI kok bisa bisanya nama Kapolda Jawa Barat ini ikut terseret. Awal permasalahan dimulai pada saat pemeriksaan Habib Rizieq Shihab di markas polda Jawa Barat terkait dengan tuduhan bahwa ketua umum FPI ini melakukan penodaan lambang dasar negara yaitu Pancasila dan pencemaran nama baik Soekarno.

Pada pemeriksaan tersebut ada 2 ormas yang sedang melakukan aksi di depan Mapolda Jawa Barat. Yaitu FPI dan GMBI. Usai acara tersebut, tiba tiba anggota FPI diserang oleh anggota GMBI hingga 5 orang harus dilarikan kerumah sakit dan diberi jahitan yang disebabkan karena mengalami luka.

Selang 1 hari, markas GMBI (Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia) yang terletak di Desa Ciampea Bogor di serang dan di bakar oleh oknum tidak dikenal pada pukul 02.51 WIB. Akibatnya terdapat 3 bangunan rusak parah. Pihak kepolisian pun menduga bahwa aksi ini dilakukan oleh anggota FPI, namun mereka membantahnya.

Sedangkan untuk urusan FPI dengan Anton Charliyan sendiri cukup sepele. Pihak FPI mengaku bahwa tidak pantas apabila seorang polisi menjabat sebagai anggota ormas. FPI menilai bahwa perbuatan tersebut termasuk dalam premanisme. Dan mereka juga akan melaporkan Irjen Pol. Anton Charliyan agar dicopot jabatannya.

Disini Irjen Pol. Anton Charliyan mengaku bahwa dirinya memang menjadi ketua dewan pembina ormas Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI). Ia mengaku bahwa dengan menjadi pembina suatu ormas, ia dapat membuat tingkah dari seluruh anggota nya agar lebih beradab.

Biodata Anton Charliyan Selaku Kapolda Jawa Barat Saat Ini

Nama Lengkap: Irjen. Pol. Dr. Drs. H. Anton Charliyan, M.P.K.N
Tempat Lahir: Tasikmalaya, Jawa Barat
Tanggal Lahir: 29 November 1960
Umur: 56 tahun
Alma Mater: Akademi Kepolisian 1984
Agama: Islam
Pegabdian: Indonesia
Dinas/Cabang: Kepolisian Daerah Jawa Barat
Masa Dinas: 1984 – Sekarang
Pangkat: Inspektur Jenderal Polisi
Unit: Reserse
Jabatan Sekarang: Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat (12 Desember 2016)

Profil Anton Charliyan dan Riwayat Jabatannya

Kami sedikit kesulitan saat mencari fakta terkait dengan profil kapolda Jawa Barat ini. Awalnya ia merupakan Kapolda Sulawesi Selatan. Selang 8 bulan, tepatnya tanggal 12 Desember 2016 ia menerima amanat berdasarkan Surat Telegram Rahasia Kapolri No. ST/2987/XII/2016 untuk menjabat sebagai Kapolri Jawa Barat dan menggantikan Irjen Pol. Bambang Waskito.

Irjen Pol. Anton Charliyan sendiri menempuh pendidikan Akademi Kepolisian dan lulus pada tahun 1984. Jabatan pertama ia peroleh sebagai Kapolres Wajo Polda Sulawesi Selatan pada tahun 2002. Total ia pernah bergonta ganti jabatan sebanyak 9 kali, berikut riwayat jabatan lengkapnya.

Kapolres Wajo Polda Sulsel (2002)
Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya
Kanit III Dit I/Kam dan Trannas Bareskrim Polri
Kapolwil Priangan Polda Jabar (2008)
Wakapolda Kalteng (2009)
Karodibinklat Lemdiklat Polri (2012)
Kadiv Humas Polri[1] (2015)
Kapolda Sulsel (2016)
Kapolda Jawa Barat (2016)

Data data diatas kami dapatkan dari berbagai sumber yang bisa dipercaya. Diantaranya ialah Wikipedia dan situs pemberitaan detik.com. Apabila ada kesalahan fakta atau lainnya di artikel ini terkait dengan Biodata Anton Charliyan kami mohon koreksinya.

Kata Kunci Terkait:

Tulis Komentarmu Disini